Galeri

Buruh Pabrik Rokok Bentoel Tuntut THR 100 Persen


Nusantara / Sabtu, 13 Agustus 2011

 Metrotvnews.com Malang: Ribuan buruh pabrik rokok PT Bentoel Utama di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, Sabtu (13/8), melakukan aksi turun ke jalan dan menuntut adanya kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR).

Aksi turun ke jalan itu dilakukan di sejumlah lokasi pabrik rokok Bentoel di Jalan Mojosari Kepanjen (Kabupaten Malang), di Jalan Janti serta di Jalan Tenun (Kota Malang).

Salah seorang buruh, Emy mengatakan, tuntutan kenaikan tersebut karena THR yang diterima dianggap terlalu kecil, yakni hanya sekitar 50 persen dari gaji.

“Saya tiba-tiba hanya menerima THR sebesar Rp550 ribu, padahal sebelumnya dijanjikan perusahaan mendapatkan Rp1,2 juta,” katanya.

Menurut Emy, aksi yang dilakukan ini sebagai solidaritas memperjuangkan hak buruh agar bisa segera terealisasi sesuai janji perusahaan.

Dalam aksi tersebut, ribuan buruh melakukan aksi berjalan kaki menuju pusat Pabrik Bentoel di Jalan Janti, Kota Malang. “Kami hanya minta pihak manajemen segera merealisasikan THR yang dijanjikan,” katanya.

Sementara itu, Humas Bentoel, Ronny Rusdiansyah, mengakui adanya aksi ribuan buruh tersebut, dan langsung mengadakan pertemuan dengan sejumlah perwakilan buruh.

Ronny menjelaskan, THR yang telah diberikan perusahaan tersebut, mengikuti besaran gaji sesuai dengan masa kerja, produksi, dan faktor produksi lainnya.

Sementara itu, setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan buruh, pihak manajemen berjanji akan memberi tambahan THR sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan tersebut.

“Kita akan tepati pemberian tambahan THR, dan jumlah tambahan tersebut sama dengan besaran THR yang diberikan pada awal lalu, yakni Rp550 ribu, sesuai kesepakatan,” katanya.(Ant/RIZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s